Forum Penjaminan Mutu PTKIN dan UIN Alauddin Gelar Lokakarya

WhatsApp-Image-2019-02-26-at-22.07.44-696x522

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Forum Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) bekerjasama dengan UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan lokakarya dengan mengangkat tema, “PTKIN Maju  Bersama  Menuju Perguruan Tinggi Unggul”. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Gammara. Kamis, 25 Februari 2019.

Pada  kegiatan ini, disajikan Materi Penyusunan Laporan Kinerja PT (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) PT sesuai dengan instrumen APT 3,0 yang dibawakan oleh tim penyusun instrumen, Dr Adam Pamudji Rahardjo dari Universitas Gajahmada dan materi pendampingan penyusunan standar mutu lengkap dengan IKU, IKT oleh  Dr Indrianty Sudirman, SE., M S dari Universitas Hasanuddin.

“Adapula sesi dimana peserta secara berkelompok menyusun standar mutu lengkap dengan IKU, IKT dan juga jenis Monitoring dan evaluasi yang mengikutinya serta metode implementasinya,” jelas Isriany Ismail selaku Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu UIN Alauddin Makassar.

Lokakarya ini diikuti Sebanyak 52 PTKIN dan enam PTKIS dengan total peserta mencapai 190 orang. Pada lokakarya  ini juga dilaksanakan Penyusunan Standar Mutu mengacu kepada pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan menetapkan IKU dan IKT yang mengacu pada Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) BAN-PT 3.0 dengan 9 kriteria.

Forum Penjaminan Mutu ini adalah Kelompok Pengelola Lembaga Penjaminan Mutu dan Pusat Penjaminan Mutu yang beranggotakan seluruh Pengelola Penjaminan Mutu PTKIN. Forum ini dibentuk dengan tujuan untuk bersama mengupayakan mutu pendidikan tinggi pada PT masing-masing.

Sebagai pelaksana, Isriany Ismail berharap, melalui kegiatan ini, seluruh PT memiliki dokumen untuk pelaksanaan SPMI terutama dokumen standar mutu dengan indikatornya serta  dokumen untuk pengukuran pencapaiannya. Menurutnya, dokumen tersebut juga dapat dijadikan acuan program tahunan PT menuju PT Unggul.

Selain penyajian materi, kegiatan ini juga menjadi ajang rapat Forum untuk menghasilkan Agenda Tahun 2019 yang juga arahnya adalah peningatan Mutu PT. Acara ini dirancang sedemikin rupa dengan arahan dari Ketua Forum Dr Muhammad Fakhri Husen.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof Dr H Mardan, M.Ag mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar.(*)

Sumber: http://www.fajarpendidikan.co.id