Rektor dan Ketua LPM Hadiri Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu PTKI

Lampung

Lampung (Kemenag) Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengukuhkan forum penjaminan mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui surat keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: 4841 Tahun 2019, Rabu (25/09) di Lampung.

Forum penjaminan mutu PTKIN tersebut dikukuhkan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. Arskal Salim GP, M.Ag pada saat rapat koordinasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang berlangsung selama 3 hari (25-27 September 2019).

Dalam sambutannya Direktur PTKI Arskal Salim menyampaikan bahwa tantangan besar bagi PTKI adalah peningkatan mutu dan kualitas. “Mutu harus menjadi prioritas utama bagi pengembangan pendidikan serta lulusan yang harus memiliki kapasitas yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja”, pintanya.

Selain itu Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah tersebut juga meminta kepada para pimpinan untuk terus berusaha meningkatkan nilai akreditasi baik akreditasi Institusi maupun program studi. “Dalam rangka percepatan akreditasi Kementerian Agama sedang memproses Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Keagamaan yang nantinya akan menjadi lemabaga yang mengakreditasi khusus program studi keagaman di bawah Kementerian Agama” jelasnya.

Rektor UIN Raden Intan Lampung pada saat penyambutan peserta menyampaikan terimakasih atas dipilihnya lampung sebagai daerah untuk kegiatan ini. Masyarakat lampung yang plural berasal dari berbagai suku menjadikan kampus UIN sebagai kampus plural dan moderat. Selain itu kampus UIN Raden Intan Lampung juga menjadi ikon nasional green campus di lingkungan PTKIN. “UIN Raden Intan menempati peringkat 18 secara nasional dan peringkat 337 dunia terkait pengembangan kampus berwawasan lingkungan (ecocampus)” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama M. Adib Abduhsomad menyampaikan bahwa forum penjaminan mutu PTKIN bertugas untuk melakukan koordinasi pelaksanaan penjaminan mutu dalam rangka penerapan SPMI yang terintegrasi dengan IT, melakukan pendampingan PTKIN dalam hal penerapan SPMI serta melakukan progres perkembangan penjaminan mutu PTKIN. Dalam kesempatan tersebut IAIN Ponorogo dihadiri oleh Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj.S Maryam Yusuf dan Ketua LPM Dr. Mukhibat Syaufa.