ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI MAZAWA

Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf pada tahun 2020 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 23-24 Novmber 2020. Para asesor melakukan proses asesmen lapangan (AL) secara daring dilakukan berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan.

Tim dari Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf dan seluruh jajaran pengelola Fakultas menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses AL secara daring ini. Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing sedangkan Tim dari Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf bersama-sama menerima visitasi secara daring di Ruang Visitasi Manajemen Zakat dan Wakaf di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Asesor yang ditugaskan melakukan AL ini adalah Dr. Yayan Sopyan, S.H., M.Ag. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr. Imam Yahya, M.Ag. (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang).

Kegiatan Hari pertama AL dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Pimpinan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo yang diwakili oleh Bapak Dr. Basuki, M.Ag. selaku Wakil Rektor I IAIN Ponorogo kemudian Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang disampaikan oleh Bapak Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag. serta diakhiri dengan bimbingan teknis dari asesor terkait teknis proses asesmen yang dilakukan.

Kegiatan AL dilanjutkan dengan konfirmasi Isi Borang IIIA yang disampaikan langsung oleh Ketua Program Studi MAZAWA Ibu Ika Susilawati, M.M. dan didampingi Tim Akreditasi dan dari unit-unit pendukung di lingkungan IAIN Ponorogo. Pada tahap ini asesor menunjukkan apresiasi yang sangat baik terkait informasi yang disampaikan. Data-data LKPS Program Studi khususnya poin-poin yang sebelumnya telah dikaji secara mendalam oleh masing-masing asesor dikonfirmasi satu demi satu.

Sesi kedua AL di hari pertama melanjutkan proses asesmen terhadap dokumen borang dan evaluasi diri Prodi dan Borang III-B. Ketua Program Studi, seluruh tim akreditasi Program Studi, jajaran pengelola dan SKM selanjutnya diminta konfirmasi dan penjelasannya terkait materi pada dokumen sesuai bidangnya masing-masing. Sesi ini diakhiri dengan penyampaian masukan dari masing-masing asesor untuk Tim Akreditasi Prodi terkait perbaikan dokumen khususnya Evaluasi Diri.

Hari kedua AL diisi dengan wawancara dengan stakeholder Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf yaitu Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi pasrtisipan memberikan keterangan sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback  atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. (RR)