Akreditasi A: Buah Manis Perjuangan Tak Kenal Lelah

Ucapan Akreditasi A

Lima Program Sarjana STAIN Ponorogo berhasil mendapatkan predikat akreditasi A dari BAN-PT.

Tahun 2015 menjadi tahun yang bersejarah di STAIN Ponorogo. Pasalnya, lima program studi sarjana memperoleh hasil akreditasi yang sangat memuaskan. Kelimanya berhasil kedapatan nilai akreditasi yang maksimal dengan predikat A. Program studi tersebut adalah Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam, Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Studi Sarjana Ahwal Syakshiyyah, dan Program Studi Sarjana Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Rentetan buah kerja keras tersebut dimulai dari bulan Mei, di mana Program Studi Sarjana Ahwal Syakshiyyah dan Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab memperoleh peringkat akreditasi A, menurut SK BAN-PT nomor 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015. Selanjutnya, pada bulan Juli, berdasarkan SK BAN-PT nomor 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015, Program Studi Sarjana Ilmu Al-Quran dan Tafsir juga memperoleh akreditasi dengan predikat A. Masih pada bulan yang sama, Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyusul dengan mendapat predikat akreditasi yang sama, sesuai dengan SK BAN-PT nomor 782/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015. Deretan akreditasi dengan predikat A pada tahun 2015 ditutup oleh Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI), sesuai dengan SK BAN-PT nomor 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

Segenap keluarga besar STAIN Ponorogo merasa bangga dan sangat bersyukur dengan hasil akreditasi ini. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Pengambangan Lembaga, Dr. Basuki, M.Ag. menyebutkan bahwa perjuangan dan kerja keras seluruh pihak di STAIN Ponorogo telah membuahkan hasil. “Kami tentu sangat bersyukur. Ini adalah sejarah pertama kali program studi terakreditasi A. Bahkan hingga lima program studi. Tentu ini semua berkat kerja kelas seluruh elemen yang ada di sini (STAIN Ponorogo: Red). Untuk itu, kami segenap pimpinan STAIN Ponorogo sangat mengapresiasi prestasi ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan membantu serangkaian proses akreditasi tersebut” tutur Doktor Manajemen Pendidikan ini.

Dr. Ahmadi, M.Ag., Kepala P2M juga menyebutkan bahwa prestasi ini adalah hal yang membanggakan. “Kita semua patut bangga. Baru tahun ini program studi kita mendapatkan akreditasi A. Bahkan lima program studi sekaligus. Hal ini tentu akan menjadi pemantik untuk program studi lain yang masih belum mendapatkan akreditasi A. Kami di pusat penjaminan mutu akan senantiasa mengawal setiap akreditasi program studi. Belajar dari pengalaman yang ada, kami rasa tidak mustahil semua program studi di STAIN Ponorogo mendapat akreditasi A” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa akreditasi program studi ini berlaku selama lima tahun sejak SK dari BAN-PT. Praktis, selama lima tahun ke depan, hingga tahun 2020, kelima program studi tersebut memiliki akreditasi A. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para lulusan. Terlebih dalam rekrutmen pegawai baru, beberapa instansi mensyaratkan bahwa pelamar harus berasal dari program studi yang telah mendapatkan akreditasi dengan predikat A. (ide)