P2M Mengawal Mutu Dari Hulu Ke Hilir

pengawas

Pagi itu tampak sangat sibuk namun terlihat lebih cerah. Pasalnya, pada hari Senin tanggal 4 Januari 2016 merupakan hari pertama pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) semester gasal 2015/2016. Pelaksanaan UAS membuat para panitia sibuk untuk mempersiapkan lembar jawaban, naskah soal, dan segala administrasi pendukung. Namun pagi itu ada hal yang berbeda dari biasanya. Hari itu merupakan hari pertama para seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan STAIN Ponorogo diwajibkan untuk mengenakan baju putih lengan panjang dan celana gelap. Sehingga seluruh panitia tampak mengenakan kemeja putih-putih.

p2m center

P2M sebagai salah satu unit kerja yang bertugas mengawal mutu, turut serta hadir dalam kegiatan rutin tersebut. Kepala P2M, Dr. Ahmadi, M.Ag., dengan didampingi oleh Sekretaris P2M, Dr. Umi Rohmah, Kepala Pusat Pengembangan Audit Mutu Internal, Iza Hanifuddn, Ph.D., Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Akademik, Dr. Nur Kolis, M.Ag., Kepala Pusat Pengembangan Akreditasi dan Sertifikasi, Edi Irawan, M.Pd., dan staf administrasi Shinta Maharani, Seluruh pimpinan dan staf P2M hadir di sekretariat UAS yang bertempat di basement Graha Watu Dhakon.

panitia

“Kehadiran kita seluruh personil P2M adalah untuk memantau dan memastikan bahwa pelaksanaan UAS sudah sesuai dengan SOP yang ada. Mengawal mutu harus dari hulu ke hilir. Mulai dari proses penetapan kebijakan hingga proses implementasi kebijakan. Semua harus berorientasi pada mutu. Sehingga seluruh layanan di STAIN Ponorogo ini menjadi lebih bermutu dan berkualitas.” ungkap Dr. Ahmadi, M.Ag.

suasana kelas

Setelah memastikan bahwa proses di ruang sekretariat telah berjalan lancar, rombongan P2M memantau pelaksanaan UAS hingga ke ruang-ruang kelas. Lebih lanjut kepala P2M menyebutkan bahwa seluruh mahasiswa telah mengikuti serangkaian pelaksanaan UAS sesuai dengan prosedur yang ada. “Tidak hanya panitia, tetapi kami juga akan pastikan bahwa mahasiswa harus mengikuti UAS secara prosedural, untuk semua aspek” pungkasnya. (ide)