Search
Close this search box.

Workshop Penyusunan Dokumen Mutu Berbasis ISO 9001:2015

Selasa, 11 Februari 2020 | Sebagai rangkaian Peningkatan Mutu Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Ponorogo melaksanakan kegiatan Workshop Review dan Penyusunan Draft Dokumen Mutu Berbasis ISO 90001:2015 dengan mendatangkan narasumber Nasional yaitu Dr. Suliswiyadi, M.Ag.(Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang).

Acara tersebut dibuka oleh Rektor IAIN Ponorogo, Dr. S. Maryam Yusuf, M.Ag., beliau menyampaikan bahwasannya sertifikasi ISO sama pentingnya dengan AIPT, yang membedakan ialah sertifikasi ISO berbasis survei setiap tahun sedangkan AIPT harus diperbaharui setiap lima tahun sekali.

Workshop tersebut berjalan selama 2 hari yaitu tanggal 11 Februari 2020 dan 12 Februari 2020. Pada hari pertama Narasumber memaparkan materi yang dibutuhkan untuk penyusunan Draft Dokumen Mutu Berbasis ISO 9001:2015, dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa peningkatan mutu ada dua cara yaitu dimulai dari unit-unit terlebih dahulu seperti LPM lalu ke UPPS (Unit Pengelola Program Studi) atau Fakultas dan seluruh elemen Tridarma Perguruan Tinggi.

Pada hari selanjutnya, beliau membimbing para peserta untuk menyusun draft Dokumen Mutu sesuai dengan bidang masing-masing, yaitu LPM, LPPM, Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Fakultas Ushuluddin dan Adab, Fakultas Syariah, Pusat Bahasa, TIPD, Biro Keuangan, Perpustakaan, dsb. Kemudian hasil dari draft yang telah disusun di presentasikan oleh masing-masing peserta sekaligus mendapatkan revisi dari Dr. Suliswiyadi, M.Ag.

Workshop tersebut diakhiri dengan penyerahan dan pengumpulan seluruh draft yang telah disusun oleh masing-masing peserta. (Ads)