Search
Close this search box.

PELATIHAN PEMBUATAN SOAL UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN E-LEARNING

Selasa, 28 April 2020 | Di tengah pandemi corona tidak menyurutkan semangat para dosen IAIN Ponorogo untuk tetap melakukan kegiatan Pelatihan Pembuatan  Soal Ujian Online Menggunakan E-Learning yang dilakukan oleh Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo. Pelatihan Pembuatan soal Ujian Online dengan menggunakan E-Learning ini dirasa perlu untuk dilaksanakan selain sebagai bentuk keterlibatan dunia pendidikan utamanya IAIN Ponorogo dalam menerapkan himbaun pemerintah terkait pencegahan COVID-19 dengan pembejaran dari rumah juga untuk memfasilitasi dosen yang akan melaksanakan Ujian Akhir Semester dengan menggunkanan E-learning. Mengingat belum semua dosen popular dengan E-Learning dan minggu pertama di bulan Mei dilaksanannya Ujian Akhir Semester Genap tahun akademik 2019/2020.

Dimoderatori oleh Edi Irawan, M.Pd yang sekaligus sebagai sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo dan narasumber Arif Rahman Hakim, M.Pd sebagi pengembang dari E-Learning IAIN Ponorogo Pelatihan yang dimulai pukul 10.00 dan berakhir hingga pukul 12.00 ini ini dapat berjalan dengan lancar.

Pelatihan tersebut dihadiri sekitar 20 peserta termasuk di dalamnya Wakil Rektor 1 IAIN Ponorogo Dr. Basuki, M.Ag, kepala CEAD, beberapa ketua jurusan dan beberapa dosen IAIN Ponorogo dari bebepa fakultas dengan menggunakan aplikasi zoom meeting sebagai media komunikasi jarak jauh.

Adapun dalam pelatihan tersebut agar berjalan dengan efektif peserta menggunakan dua alat informasi komunikasi yaitu menggunkan smartphone dan menggunkana laptop. Smartphone digunakan sebagai media komunikasi dalam pelatihan tersebut sedangkan laptop digunakan untuk praktek pembuatan soal ujian dengan menggunakan e-learning.  Antusiasme begitu terlihat dalam pelatihan ini yang dapat dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang berikan oleh para peserta pelatihan. Adapaun hasil dokumentasi dari pelatihan membuat soal dengan menggunakan e-learning dapat dilihat di “Tutorial Membuat Soal di E-Learning”. (UF)