Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Berbatas Waktu Menggunakan Google Form

Jum’at  1 Mei 2020 |  Sehari setelah dilaksanakannya  pelatihan pembuatan soal ujian dengan menggunakan e-learning, Rabu tanggal 29 April 2020 Lembaga Penjaminan  Mutu IAIN Ponorogo kembali melaksanakan pelatihan pembuatan soal ujian berbatas waktu dengan menggunakan  google form. Kegiatan pelatihan pembuatan soal ujian berbasis online terus dilakukan sebagai bentuk respon  Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo dalam memberikan berbagai alternatif dalam melaksanakan ujian secara online selama WFH di masa darurat covid-19 ini.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Ulum Fatmahanik, M.Pd  dan narasumber Edi Irawan M.Pd yang sekaligus sebagai sekretaris Lembaga penjaminan Mutu IAIN Ponorogo. Kegiatan ini  berlangsung  selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan zoom sebagai media  komunikasi dalam pelatihan ini.

Diikuti sekitar 38 peserta yang terdiri dari dosen Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Islam, serta Fakultas Ushuludin kegiatan ini berjalan dengan lancar, santai dan dapat diikuti oleh peserta dengan baik.

Pelatihan ini terdiri dari dua sesi dimana setiap sesi diberikan kesempatan untuk menanyakan terkait hal-hal yang dirasa belum dipahami  atau masih dibingungkan oleh peserta. Materi pada sesi pertama yaitu tentang pembuatan soal dengan menggunakan google form yang terdiri dari bentuk soal pilihan ganda dan essay lengkap dengan pilihan jawaban dan jawaban yang benar.  Selain itu pada sesi pertama ini juga ditunjukkan bagaimana cara menampilkan spreadsheet dari hasil jawaban siswa.

Sesi kedua disampaikan materi tentang  bagaimana menyisipkan aplikasi timfy pada soal yang sudah dibuat menggunakan google form. Penyisipan aplikasi timfy disini sebagai pembatasan waktu mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Adapun hasil dokumentasi selama pelatihan tersebut dapat dilihat pada Tutorial Membuat Soal Ujian Berbatas Waktu Menggunakan Google Form. (UF)