RTM & Sosialisasi IKU-IKT IAIN Ponorogo

Ponorogo, 6 Desember 2021 | Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo menyelenggarakan kegiatan dengan judul RTM & Sosialisasi IKU-IKT IAIN Ponorogo yang bertujuan untuk 1)Menyusun atau memberikan standar tambahan pada standar SPMI sesuai dengan ranah program studi, fakultas, lembaga yang implementatif di lingkungan IAIN Ponorogo; 2)Standar tersebut harus dapat diukur dan dicapai target capaiannya; 3)Sebagai infentarisasi pedoman-pedoman lainnya.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Rosihan Aslihuddin, M.A.B, CRA, CRP, CIA . Cak ro panggilan akrab dari narasumber ini merupakan Tenaga Ahli dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta memiliki satuan kerja di PT Decra Group Indonesia dengan riwayat jabatan Cak ro yaitu Lead Auditor ISO 9001 dari tahun 2007 sampai sekarang selain itu juga Quality Assurance Supervisor Tahun 2014 sampai sekarang.

Pada kegiatan ini, Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. yang memberikan dukungan dan motivasi dalam proses penyusunan standar pengendalian mutu sehingga bisa meningkatkan mutu IAIN Ponorogo. Rektor IAIN Ponorogo mengapresiasi dengan sangat baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini harus dikawal dan memiliki buku standar pengembangan mutu yang ber-ISBN.

Sebelum menjabarkan langkah-langkah mengerjakan standar pengembangan mutu yang terdiri dari rasionalisasi standar, tujuan , lingkup standar dan penanggungjawab, standar , indikator, strategi  dan data dukung  pada setiap standar C1, C2, C3, C4, C5, C6, C7, C8 dan C9.

Setelah Cak Ro memaparkan kemudian memberikan kesempatan kepada tiap komisi untuk mengerjakan, komisi dalam kegiatan ini terdiri dari, yaitu 1)komisi 1 : standar C1 dan C2; 2)komisi 2 : standar C3; 3)komisi 3 : Standar C4 dan C5; 4)komisi 4 : Standar C6.

Bapak/Ibu undangan yang terdiri dari 1)Rektor IAIN Ponorogo; 2)Wakil Rektor 1,2,3 di lingkungan IAIN Ponoogo; 3)Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan IAIN Ponorogo; 4)Ketua Jurusan/Kepala Program Studi di IAIN Ponorogo; 5)Kepala/Ketua Lembaga dan Unit di lingkungan IAIN Ponorogo, dan; 6)Tim LPM serta GKM sangat berantusias dalam proses diskusi menyusun standar SPM. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memajukan mutu di IAIN Ponorogo semoga dengan semangat bersama sehingga standar SPMI tersebut dapat diimplementasikan dengan baik”. (hw/ads)