Mengawal Mutu Melalui RTM

RTM

Ponorogo, 24 April 2019.  Peningkatan mutu menjadi menjadi prioritas utama LPM IAIN Ponorogo. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka mengawal ketercapaian mutu. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) merupakan ekspos hasil audit mutu internal. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian kegiatan dalam rangka menjamin mutu di lingkungan IAIN Ponorogo.

Proses penjaminan mutu di IAIN Ponorogo mengacu sistem penjaminan mutu internal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian dan peningkatan. Kelima tahapan ini dikenal dengan istilah PPEPP. PPEPP akan menghasilkan kaizen atau continuous quality improvement mutu IAIN Ponorogo. Kegiatan yang bertempat di Aula Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah itu diikuti oleh para pimpinan di lingkugan IAIN Ponorogo.

Tahap penetapan standar merupakan tahap ketika seluruh standar dirancang, dirumuskan, hingga disahkan atau ditetapkan oleh Rektor IAIN Ponorogo. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan standar atau pemenuhan standar. Pada tahap ketika seluruh standar mulai dilaksanakan untuk dicapai atau diwujudkan oleh semua pihak terkait di lingkungan IAIN Ponorogo. Setelah seluruh standar dilaksanakan selanjutnya dilakukan evaluasi. Tahap evaluasi pelaksanaan standar Dikti, yaitu tahap ketika pihak yang bertanggungjawab melakukan penilaian atau pengukuran tentang ketercapaian pelaksanaan atau pemenuhan semua Standar Dikti. Pada tahap ini dilaksanakan melalui audit mutu internal yang dilakukan terhadap program studi.