PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DKPS 9 PRODI

Sarangan, 29 November 2023 s.d. 1 Desember 2023 | Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Ponorogo berkolaborasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo menyelenggarakan sebuah kegiatan Pendampingan Penyusunan DKPS 9 Program Studi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 Hari yang bertempat di Hotel Grand HAP Kintamani Sarangan.

Kegiatan Pendampingan Penyusunan DKPS 9 Program Studi ini diawali dengan acara pembukaan. Dalam sambutannya, wakil rektor 1 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Dr. Mukhibat, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah inisiatif dari Institut untuk menjadikan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul. Wakil Rektor 1 juga menyampaikan kendala untuk menuju APT unggul yaitu pada rasio dosen dan dana penelitian yang belum mencapai target yang diharapkan, dengan adanya kendala tersebut Wakil Rektor 1 IAIN Ponorogo mengharapkan seluruh peserta bersinergi agar kegiatan ini mencapai hasil maksimal dan dapat menyelesaikan segala kendala yang ada. Disamping itu, Dr. Mukhibat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dua narasumber yang berkenan hadir mendampingi penyusunan DKPS 9 Prodi ditengah kesibukannya masing-masing. Dua narasumber tersebut adalah Dr. Helmi Saifuddin, M.Fil.I selaku Asesor BAN-PT sekaligus ketua LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Rosihan Aslihuddin, S.Sos., M.AB. atau yang kerap kita sapa Cak Ro selaku Praktisi Penjaminan Mutu PTKIN.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dalam sambutannya Dr. Evi Muafiah, M.Ag. menyampaikan teknis kegiatan yang akan dilakukan salah satunya adalah membagi peserta menjadi 2 forum dimana forum pertama akan merumuskan langkah-langkah strategis agar akreditasi berjalan dengan baik, sedangkan forum kedua akan melakukan penyusunan DKPS 9 Prodi. Dr. Evi Muafiah, M.Ag. berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan berbagai pihak untuk menyongsong tsunami akreditasi di tahun 2024, mengingat ada 17 program studi yang akan akreditasi di tahun tersebut. Dengan diraihnya status terbaik dari hasil setiap akreditasi di program studi, semoga menjadikan cinta-cita IAIN Ponorogo terakreditasi unggul dapat teraih. (fr, ads, adk)